SAKIP Sebagai Bukti Kinerja KPU

Kpu-jombangkab.go.id-  Sama dengan laporan keuangan, laporan kinerja instansi Pemerintah yang akrab disebut LAKIP, sama vitalnya dan menjadi bukti kinerja yang dihasilkan. Lakip yang menjadi bagian dalam sistem yang disebut SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), adalah kewajiban KPU dan seluruh satuan kerjanya karena mendapat anggaran bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

bintek kinerja.jpeg 2jpeg

Sekretaris KPU Jawa Timur, Erberta Kawima, menekankan hal ini pada seluruh Peserta Bimbingan Teknis Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Hotel Swiss Belinn Airport Juanda, Jumat-Sabtu (6-7/12). Peserta rapat terdiri dari Anggota KPU Divisi Perencanaan Data dan Kepala Sub-bagian Program Data dari 38 Kabupaten/Kota se-Jatim, termasuk KPU Kabupaten Jombang.

“SAKIP adalah sistemnya sedangkan LAKIP adalah hasilnya. Tujuan besarnya adalah untuk menekan pemborosan anggaran negara dan mencegah upaya korupsi. KPU sekarang ini sudah tidak lagi fokus pada output tapi pada outcame, di mana anggaran tidak hanya diserap lalu bisa dipertanggungjawabkan saja tapi hasilnya juga harus memiliki dampak pada publik,” tegas Wima, sapaan Erberta Kawima.

bintek kinerja.jpeg 1

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, mengingatkan bahwa penyusunan SAKIP bukan hanya tanggung jawab Sekretariat saja tapi juga Anggota KPU. “Paradigma sekarang, Anggota KPU tidak hanya peduli dengan tahapan Pemilu saja tapi juga keseluruhan yang menyangkut kinerja lembaga KPU,” tegas Anam, dalam sambutan di awal acara.

bintek kinerja

Kegiatan itu menyajikan materi pendalaman tentang SAKIP berikut urutannya, evaluasi SAKIP KPU Jatim, dan evaluasi bersama hasil review oleh Inspektorat KPU RI. Harapannya agar penyusunan SAKIP selanjutnya benar-benar mengacu pada review dari Inspektorat KPU RI sebagai acuan perbaikan SAKIP dan peningkatan nilai SAKIP secara keseluruhan di Jawa Timur. (hupmas/dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *